Review Jurnal

Review Jurnal tentang Kecerdasan Buatan

Penulisan ini bertujuan untuk memenuhi tugas ke-3 Mata Kuliah Softskill Pengantar Teknologi Sistem Cerdas. Reviewer jurnal ini adalah :

Nama              : Shabrina Jamilah

NPM                : 16118620

Kelas               : 3KA07

 

Adapun jurnal yang akan direview yaitu :

Judul               : Analisis Digital Assistant versi Cortana, Siri dan Google Now

Tahun              : 2015

Penulis            : Ii. Supiandi

Publikasi         : Infotech Journal Vol.1, No 2

ISSN               : 2460-1861


REVIEW

·       Latar belakang

Semakin moderennya zaman teknologi dan informasi menuntut manusia melakukan upgrade informasi dan teknologi. Alat komunikasi yang tadinya hanya untuk bertelepon, mengirim SMS dan MMS sekarang lebih canggih. Berbicara menggunakan telepon merupakan budaya yang sudah sering kita jumpai saat ini. Dibalik telepon itu kita mendengar lawan bicara, namun bagaimana kalau lawan bicara kita adalah perangkat telepon itu sendiri? Pengguna smartphone saat ini sudah terintegrasi dengan namanya digital assistant yang di pelopori oleh Siri, kemudian munculah Google Now dan Cortana. Digital Assistant sebenarnya sudah tidak asing lagi yang sering kita jumpai dalam dunia informatika dan teknologi informasi, prinsipnya dibalik telepon anda mendengarkan lawan bicara akan tetapi lawan bicara kita adalah perangkat elektronik tersebut yaitu smartphone yang serba mutahir yang dimana kegunaanya untuk memfasilitasi manusia dalam melakukan kegiatan dengan menggunakan perintah suara langsung pada smartphone (speech Recognition).

·       Tujuan

Untuk menjelaskan perkembangan sistem informasi dan teknologi khususnya pada smartphone.

·       Metode penelitian

Penulis menggunakan metode deskriptif. Metode ini menggambarkan secara fakta dan karakteristik objek  yang  diteliti secara tepat.

·       Pembahasan

Layaknya asisten atau sekretaris pribadi dalam dunia nyata, asisten digital bisa kita perintahkan untuk mencatat jadwal rapat, mengirim email, melaporkan prediksi cuaca hari ini atau besok, melakukan pencarian hal tertentu, memutar musik, menelepon seseorang. Terdapat tiga digital asisten smarthpone yang populer yaitu : Cortana pada Windows Phone, Google Now pada Android, dan Siri pada iOs. Ketiganya ini menggunakan metode yang sama dalam mengeksekusi perintah dari pengguna, yaitu menggunakan suara oengguna atau speech recognition. Untuk mengaktifkan digital asisten, Siri dan Cortana menggunakan hardware button sedangkan untuk Google Now cukup ucapkan “Ok,Google”.

Penulis melakukan perbendingan dari ketiga digital asisten melalui perbandingan Voice, Interface, dan Voice Activation end Touch Activation. Hasil perbandingan itu adalah sebagai berikut :

Spesifikasi

Cortana

Google Now

Siri

Peluncur aplikasi

yes

yes

yes

Prediksi cuaca

yes

yes

yes

Kalender

yes

yes

yes

Pengaturan alarm

yes

yes

yes

Pencarian dengan ketik

yes

yes

no

Pengingat orang

yes

no

no

Akses dengan aplikasi

yes

no

no

Melakukan panggilan

yes

yes

yes

Mengirim pesan atau email

yes

yes

yes

Memainkan musik

yes

yes

yes

Pengenalan musik

yes

yes

no

Pencarian

Bing

Google

Bing,Wolfram Alpha


·      
Kelebihan jurnal

o   Menggunakan bahasa dan penulisan yang mudah dipahami

o   Pembahasan ringan

o   Membantu pengguna smartphone untuk mengetahui fitur pada digital asistennya masing-masing

·       Saran

Teknologi selalu berkembang. Jadi hasil perbandingan antara ketiga digital asisten ini mungkin kurang akurat untuk kedepannya karena adanya perkembangan teknologi tidak terkecuali pada smartphone dan digital asistennya.


KESIMPULAN

Digital asisten membantu kita mempercepat dalam melakukan perintah tertentu pada smartphone, dengan begitu memiliki nilai efisiensi. Walaupun tidak sehebat layaknya Jarvis pada film fiksi Iron Man, kita tetap dapat merasakan memiliki asisten pribadi walaupun hanya seputar perintah pada smartphone. Namun pada perkembangan saat ini, digital asisten tidak hanya melakukan perintah pada smartphone, tetapi juga pada perangkat elektronik lain seperti TV, lampu, speaker dan lain-lain. 


DAFTAR PUSTAKA

Supiandi,Ii. 2015. “Analisis Digital Assistant versi Cortana, Siri dan Google Now”. Infotech Journal, 1(2), 19-23.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Hidup mereka, tanggung jawabku juga

Perputaran Cinta Mahluk