Museum Wayang, Jakarta

Bismillahirrahmanirrahiim
Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh
Segala puji bagi Allah Subhanahu wa Ta'ala yang telah memberikan kami kemudahan sehingga kami dapat menyelesaikan tugas ini. Shalawat serta salam semoga terlimpah curahkan kepada baginda tercinta kita yaitu Nabi Muhammad Shalallahu 'Alaihi Wassalam. Adapun penulisan ini merupakan bentuk dari pemenuhan tugas mata kuliah softskill Ilmu Budaya Dasar Universitas Gunadarma. Tugasnya berupa mengunjungi tempat bersejarah dan kami memutuskan untuk mengunjungi Museum Wayang yang berada di Jakarta Barat, dekat Museum Fatahillah pada hari Ahad 21 April 2019. Harga tiket normal Rp5.000/orang dewasa, Rp3.000/mahasiswa atau pelajar dengan syarat membawa kartu pelajar atau kartu mahasiswanya. Buka enam hari dalam satu pekan kecuali senin tutup. Dari pukul 09.00 - 16.00

Ini adalah ringkasan sejarah Museum Wayang Jakarta. Terletak di atas pintu dekat tempat petugas.
Sejarah Museum Wayang dilansir dari Situs Budaya

"Gedung yang artistik di Jalan Pintu Besar Utara No. 27 Jakarta Barat ini dibangun tahun 1912, sebelumnya adalah tanah gereja yang dibangun pada tahun 1640 dengan nama de Oude Holandsche Kerk. Pada tahun 1732 diperbaiki dan namanya diganti menjadi de Nieuw Holandsche Kerk. Bangunan gereja ini pernah hancur total akibat gempa bumi.
Museum Wayang diresmikan oleh Gubernur DKI Jakarta, Ali Sadikin, pada tanggal 13 Agustus 1975 dan sejak 16 September 2003 mendapat perluasan bangunannya hibah dari H. Probosutejo."

 Ini wayang terbesar, terletak di bagian paling depan. Ini wayang Gatotkaca (kiri dari gambar) dan istrinya Dewi Pragiwa (kanan dari gambar) yang menjadi simbol Museum Wayang


Prasasti di pertengahan gedung

 Lukisan yang terletak di tangga menuju lantai 2


Ada sekitar 6.000 koleksi wayang. WOW 









Demikian penulisan ini. Jangan membayangkan ini tempat yanag menyeramkan hanya karna banyak wayang, tapi interior gedungnya cantik sekali dan ada pendingin ruangan juga. Jadi tidak usah khawatir kepanasan mengingat cuaca Jakarta yang panas. Datanglah ketika sempat. Karne banyak sekali koleksi wayangnya dan yang lebih menarik bukan hanya yang dari Indonesia saja, tapi juga wayang berbagai negara ada di sini.
Sekian dan terima kasih
Alhamdulillah. Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Hidup mereka, tanggung jawabku juga

Perputaran Cinta Mahluk